5 Jenis Amalan yang Ringan untuk Membuka Pintu Surga

Pahala yang kita dapat sejatinya bukan dilihat dari seberapa besar amalan yang kita lakukan, namun dari niat yang tulus, ikhlas dan hanya mengarapkan ridho Allah lah yang menentukan pahala yang kita dapat.

Misalnya saja apabila kita melakukan amalan yang tergolong besar, namun kita berharap bahwa dengan melakukan amalan tersebut kita akan disanjung atau dihormati seseorang, atau bahkan kita hanya ingin memamerkan kekayaan yang kita miliki.

Nah amalan yang besar ini sangatlah tidak akan memberikan pahala untuk kita. Dan malah sebaliknya amalan yang ternyata ringan, dan bisa jadi kita hanya mengeluarkan tenaga kita saja untuk melakukannya justru akan mendatangkan pahala yang berlimpah untuk kita, sebab terkadang amalan-amalan yang ringan tersebut bersifat tidak sengaja, kita iklas dalam melakukannya dan hanya  berniat untuk membantu sesama umat Allah.

Tanpa mengharapkan imbalan yang lainnya. Justru akan menjadi sangat mulia dan bernilai di sisi Allah dan dapat membuka pintu surga-Nya. Nah, apa saja yang termasuk amalan ringan tersebut ?

Yuk simak ulasannya di bawah ini yang diambil dari buku Amalan-Amalan Ringan Pembuka Pintu Surga, karya Fakhruddin Nursyam, LC.

1. Memberi minuman binatang

Lhoh kok bisa memberi minuman bin4tang ada kaitannya dengan membuka pintu surga ?Ya, memang secara sekilas tidak ada kaitannya antara memberi minuman bin4tang dengan membuka pintu surga. Namun masih ingatkah Anda dengan cerita Rasulullah saat  menceritakan bahwa ada seorang laki-laki yang memberi minuman pada seekor an jing hingga kemudian Allah mengampuni semua d0 sa-d0 sa laki-laki itu dan memasuknnya ke dalam surga ?

Berikut ini adalah sabda Rasulullah yang diriwayatkan oleh Bukhori dan Muslim, diceritakan dari Abu HurairahRasullullah SAW bersabda “Ketika sedang melakukan perjalanan, seorang laki-laki merasa haus, lalu ia menuju ke sebuah sumur dan minum air. Setelah ia keluar, ternyata ada seekor anjing yang menjulurkan lidahnya dan memakan pasir karena keh4usan. Lelaki itu bergumam ‘An jing ini telah merasa keh4usan seperti yang telah aku rasakan’. Ia pun kembali menuju sumur dan memenuhi sepatunya dengan air, lalu memberikan minum anjing tersebut. Maka Allah berterima kasih kepadanya dan mengampuni segala d0 sanya. Mereka (para sahabat) bertanya: Wahai Rasullullah, apakah kita akan mendapatkan pahala dengan memberi minum binatang? Beliau menjawab: ‘Pada setiap limpa yang basah, terdapat pahala’”.

2. Menyingkirkan gangguan dari jalan

Saat kita melakukan perjalan, atau bahkan hanya saat berjalan-jalan santai kita sering menemukan rintangan di jalan, yang bisa membahayakan pengguna jalan. Misalnya saja, ada batu ditengah jalan, ranting pohon yang menghalang di jalan, dan bahkan kulit pisang yang dibuang sembarangan yang pastinya juga bisa mencelakai seseorang yang menginjaknya. Biasa dengan spontan dan tanpa berfikir pajang kita akan langsung menyingkirkan rintangan tersebut. Maka amalan itu akan di catat sebagai amalan kebaikan di sisi Allah.

Dan hal ini bisa membantu kita untuk membuka pintu surga-Nya, dan telah ada sabda Rasulullah yang menjelaskan hal ini yang diriwayatkan oleh Bukhari, seperti berikut ini:Rasulullah bersabda: “Barangsiapa menyingkirkan gangguan dari jalan kaum muslimin, maka akan dicatat untuknya satu kebaikan, maka ia akan masuk surga”.

3. Menjenguk orang s4kit
Rasulullah bersabda: “Barang siapa menjenguk orang s4kit atau mengunjungi saudaranya karena Allah, maka malaikat berseru: ‘Engkau adalah orang yang baik, langkahmu adalah langkah yang baik, dan engkau telah mendapatkan suatu posisi di surga’”(HR Tirmidzi dari Abu Hurairah, r.a.)

Sudah jelaskan maksud dari sabda Rasulullah di atas ? Jadi ada baiknya kita menyempatkan waktu untuk menjenguk saudara, kolega, dan teman yang sedang s4kit. Dan tentunya dengan ikhlas dan tanpa pamrih apapun.

4. Senyum dan ceria

Sudah tidak asing lagi di telingan kita, bahwa senyum sebagian dari ibadah. Dan tentunya dengan menebar senyuman dan salam kepada semua orang yang merupakan sebuah kebaikan itu telah dijanjikan ganjaran pahala dan surga oleh Allah.

Jadi, sebagai umat muslim sebaiknya harus mengembangkan sikap yang ramash, penuh senyuman dan keceriaan terhadap orang lain. “Kebaikan akhlak adalah keceriaan wajah dan menjauhi amarah,” kata Rasulullah.

5. Menutup 4ib orang lain
Allah sangat membenci ghibah. Orang yang bergunjing tentang keburukan saudaranya sendiri, dianggap sama dengan memakan bangkai saudaranya sendiri. Saat ini memang banyak sekali orang yang melakukan ghibah. Padahal Allah telah menjajikan ganjaran berupa surga bagi seseorang yang tidak melakukan ghibah tersebut.

Rasulullah bersabda: “Tidaklah seorang hamba menutup 4ib seorang hamba di dunia, melainkan Allah akan menutup aibnya pada hari kiamat” (H.R. Muslim).Nah itulah 5 amalan yang ringan untuk membuka pintu surga, meskipun terlihat ringan namun kita tetaplah harus memiliki niat yang benar untuk melakukannya. Dan tentunya masih banyak lagi amalan-amalan ringan yang bisa kita lakukan untuk membuka pintu surga.

Semoga dapat memberikan manfaat ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *